Circle Gallery

@wahyubagus

Minggu, 01 November 2015

Herbal


1.      jahe merah.

   
   A.     Mengatasi rematik
            Dalam jahe merah terdapat kandungan yang dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi bengkak pada sendi. Penyakit rematik atau encok disembuhkan dengan menggunakan jahe merah. Cara menggunakanya sangat mudah, rebus beberapa rimpang jahe merah dengan temulawak,  kumis kucing,cabe jawa, dan daun komfe, kemudian air rebusan diminum 3 ikali sehari.

B.     Menyembuhkan batuk
              
               Kandunagn jahe merah untuk menyembuhkan batuk, tidak hanya melegakan saja tapi juga menyembuhkan. Selain untuk mengatasi batuk, jahe juga dapat mengatasi radang tenggorokan. Sifat dari jahe merah yang menghangatkan inilah yang membantu menyembuhkan sakit batuk dan radang tenggorokan.

C.     Menurunkan kadar kolesterol dalaam darah

              Kandungan dalam jahe merah yang sangat banyak sangat bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh, salah satunya yaitu kolesterol jahat yang ada dalam darah akan menghambat aliran darah. Salah satu manfaat dari jahe merah adalah melancarkan peredaran darah dan secara tidak lansung kolesterol jahat dalam tubuh akan hancur

D.     Menghilangkan jerawat


                Tidak hanya untuk kesehatan, jahe merah juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaat jahe merah untuk kecantikan yaitu menghilangkan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan jahe merah caranya sangat mudah. Jahe yang sudah dibersihkan kulitnya lalu pijatkan pada wajah sampai keluar cairan minyak kemudian tutup jerawat dengan irisan jahe merah

2.    TEMULAWAK






 Temulawak (Curcuma xanthorhia roxb) yang termasuk dalam keluarga jahe, temulawak inui sebagai tanaman obat asli indonesia. Namun demikian penyebaran temulawak banyak tumbuk dipulau jawa, maluku dam kalimantan. Karakteristik temulawak tumbuh sebagai semak batang , mulai dari pangkalnya sudah berupa tangkai daun yang panjang berdiri tegak. Tinggi tanaman antara 2ms/d 2,5 m. Daunya panjang bundar seperti daun pisahng yang mana pelepah daunya saling menutup membentuk batang. Tanaman ini dapat tumbuh subur didataran rendah dengan ketinggian 750 m diatas permukaan laut, tanaman ini bisa dipanen setelah 8-12 bulan denga ciri-ciri daun menguning seperti mau mati. Temulawak sudah digunakan secara turun temurun oleh nenek moyang kita untuk mengobati sakit kuning, diare, maag, perut kembung, dan pegal-pegal. 

0 komentar:

Posting Komentar