Circle Gallery

@wahyubagus

Minggu, 18 Oktober 2015

SAMBAL TUMPANG MBAK LASTRI

SAMBAL TUMPANG KEDIRI

setiap orang pasti tahu sambal tumpang, makanan yang membuat orang kediri di perantauan kangaen setengah mati ini di daera lain kadang di sebut nasi tumpang kediri. Makanan khas keediri ini berbahan dasar tempe yang mengalami fermentasi lebih lama dari pada tempe yang biasa dikonsumsi, Kadang biar gampamg menyebutnya sambel tumpang terbuat dari tempe "BUSUK", Tapi, Jangan khawatir bukan busuk expired, Tetapi berfermentasi lebih lama.

Tempe untuk bahan sambel tumpang ini bkan sembarangan, Konon tempe untuk sambal tumpang kalau bukan tempe kediri tidak bisa. Saya pernah ke malang yang notabene dekat dengan kediri, tempe malang tidak bisa di buat sambal tumpang, kurang tahu kenapa, mungkin raginya beda.

Sambel tumpang disajikan tanpa banyak variasi yaitu: Nasi, Sayuran (daun pepaya, daun kenikir, daun nangka muda, pepaya muda, dll), Serta lauk rempeyek dan krupuk nasi (puli) Nasi tumpang ini ada 2 jenis yaitu tumpang biasa yang menggunakan tempe "BUSUK" biasanya kuahnya tidak terlalu kental dan ada bulir tempenya, aroma sedapnya sudah tercium dari jarak beberapa meter. Jenis kedua adalah sambal tumpang yang kuahnya kental, aromanya nyaris tidak ada umumnya jenis sambal tumpang ini ada dikediri kota, terkadang ada lauk tambahan seperti tempe, tahu, telur puyuh, sate usus, dll.

Penjual nasi tumpang dapat di jumpai hampir di setiap desa di kediri. Umumnya jam buka adalah pagi sekali - subuh - atau malam, biasanya penjual nasi tumpang juga menyadiakan sambel pecel, jadi nanti ada nasi campur yaitu tumpang campur pecel, saya paling suka tumpang campur kalau sambal tumpangnya jenis kedua yang memakai tempe waras atau tempe biasa

terkadang nasi tumpang disajikan di dalam daun pisang yang dibentuk pincuk dan menggunakan dan sendok dari daun pisang (suru)

jangan lupa mampir di warung pinggir ndalan, dijamin enaakk nasi tumpangnya, dijalan kediri-t.agung, desa rembang ngadiluwih kediri. 


SEKIAN DAN TERIMAKASIH  





0 komentar:

Posting Komentar